Thursday, February 9, 2017

REVIEW ARTIKEL “ICT in Early Childhood Teachers and Children in Portuguese Pre-School”

Judul
ICT in Early Childhood Teachers and Children in Portuguese Pre-School
Tahun
2009
Penulis
Rita Brito (Universidad de Málaga Spain)
Reviewer
Aulia H. Sufyana (Universitas Negeri Jakarta)
Tanggal
6 Februari 2017
Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengamati pendekatan, metode dan praktek guru TK dan anak-anak di portugal.
Subjek Penelitian
Subjek penelitian ini terdiri dari 363 guru TK yang terdiri dari 69% dari wilayah Central, 18% dari utara, 11% dari wilayah selatan, dan 2% dari Medeira.  Responden 100% berjenis kelamin perempuan dan sebagian besar responden berusia lebih dari 45 tahun 28% dan 22% diantaranya telah bekerja di TK selama 20 sampai 24 tahun.
Assesmen Data
Menggunakan kuesioner yang dikirim melalui email untuk pendidik seluruh negeri dari september 2008 sampai juli 2009 dan populasi yang menanggapi kuesioner sebanyak 363 guru pra-sekolah. Adapun sebagai bentuk triangulasi pengamatan data juga dilakukan di dua taman kanak-kanak (TK A dan TK B). Pengamatan ini berlangsung di kelas komputer untuk anak-anak pra-sekolah, dimana perilaku subjek diamati di beberapa sesi selama 7 bulan (januari-juli 2009). Populasi pengaamatan terdiri dari 355 anak-anak pra-sekolah.

Metode Penelitian
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualtitatif deskriptif
Langkah Penelitian
Langkah penelitian yang digunakan adalah pada bulan september 2008 hingga juli 2009 dilakukan perekrutan responden yang terdiri dari guru-guru pra-sekolah nasional yang dimintai persetujuan mengenai penelitian tersebut menggunakan kuesioner yang dikirim melalui email. Kemudian sambil menunggu tanggapan dari responden, peneliti melakukan triangulasi data dengan melakukan pengamatan di dua TK yang terdiri dari kelas TK A dan kelas TK B selama tujuh bulan dari januari hingga juli 2009. Setelah data terkumpul, maka peneliti melakukan analisis terhadap data-data yang telah diperoleh.
Hasil Penelitian
Adapun hasil penelitian yang diperoleh, antara lain:
1. Penggunaan ICT: Hasil analisa dari penelitian yang dilakukan mendapatkan hasil bahwa 59% responden percaya bahwa menggunakan ICT dalam pendidikan anak usia dini sangat penting, dan 86% melaporkan untuk menggunakannya. Namun penting untuk dicatat bahwa sebagian besar kuesioner  dikumpulkan oleh E-mail, yang menyiratkan bahwa mayoritas responden menggunakan komputer.
2.   Fasilitas ICT: Diperhitungkan bahwa 64% dari responden memiliki komputer di kelas TK dan menggunakannya dengan anak-anak, dan 36% tidak menggunakan dan tidak memiliki komputer di dalam kelas. kemudian responden mengatakan bahwa 52% dari mereka memiliki komputer di ruang komputer dan memiliki akses internet.
3. Pengetahuan pendidik terhadap ICT: Pendidik 65% dilaporkan memiliki kemampuan ICT secara otodidak dan 8% melalui pelatihan.
4. Implikasi penggunaan ICT pada anak: 37% melakukan kegiatan yang menggunaan komputer sebanyak lima kali seminggu, dan 32% melakukan kegiatan yang menggunakan komputer setiap sesi rata-rata 15-20 menit.  Adapun kegiatan favorit dengan komputer menggunakan interaktif CD-ROM (84%), Microsoft Paint TM (71%) dan Microsoft Word TM (68%).
5. Implikasi penggunaan ICT pada guru: 93% guru menggunakan komputer untuk kegiatan perencanaan, 88% menggunakan komputer untuk melakukan penilaian pada anak-anak, 87% untuk persiapan lembar kerja, 87% untuk mengevaluasi kegiatan, 67% menggunakan untuk mendukung kinerja, 44% untuk mengakses internet, dan 31% menggunakan komputer untuk berkomunikasi dengan orangtua melalui email, chatting, atau forum.
Kelebihan Penelitian
Penelitian ini memiliki beberapa kelebihan antara lain:
1.  Alat yang digunakan untuk memperoleh data berupa kuesioner yang dikirim melalui email sehingga mempermudah responden dalam mengakses dimanapun mereka berada.
2.  Penelitian ini tidak hanya menggunakan kuesioner sebagai sumber pemerolehan data, namun peneliti juga terjun langsung untuk melakukan pengamatan dengan mengambil sampel yang terdiri dari dua sekolah TK yang terdiri dari masing-masing kelas TK A dan TK B.
3.  Penelitian dilakukan dalam jangka waktu yang lama yaitu selama 11 bulan proses pengisian kuesioner oleh responden (guru) dan 7 bulan pengamatan (anak-anak dan guru pra-sekolah), maka data yang diperoleh akan semakin valid.
Kelemahan penelitian
Selain beberapa kelebihan diatas, penelitian ini memiliki kekurangan yaitu karena waktu pengisian kuesioner oleh responden dan pengamatan yang sangat lama, maka peneliti memerlukan dana lebih dan waktu yang panjang untuk memperoleh data penelitian yang valid.
Kesimpulan
Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ICT memiliki peran penting dalam kegiatan belajar mengajar. ICT dapat digunakan sebagai alternatif untuk memberikan kesempatan dalam mengekspresikan kreativitas, proyek, dan refleksi kritis. Komputer dapat dijadikan alat untuk mengembangkan pengetahuan anak dalam berinteraksi dengan berbagai media dan bahasa, merefleksikan dimensi positif dan pembelajaran sosial emosional, serta berbagai hubungannya terhadap pengetahuan. 
((Artikel))

No comments:

Post a Comment